Rabu, 31 Juli 2013

~MBLAQ~ History

History : MBLAQ

History :

        MBLAQ (bahasa Korea: 엠블랙, bahasa Jepang: エムブラック; akronim untuk Music Boys Live in Absolute Quality) adalah boyband yang dibentuk oleh Rain dibawah J.Tune Camp. Terdiri dari Seungho (leader, pemimpin vokal, pemimpin tari), G.O (vokal utama, pemimpin tari), Lee Joon (vokal, penari utama, visual), Thunder (vokal, pemimpin rapper, pemimpin tari, visual), dan Mir (rapper utama dan maknae). Mereka debut pada 9 Oktober 2009 di konser Rain, Legend of Rainsm.

         Pada 14 Oktober 2009, mereka merilis album singel debut berjudul Just BLAQ yang menduduki puncak tangga lagu berbagai musik online dan offline di Korea Selatan. Mereka merilis album mini pertama yang berjudul Y pada 19 Mei 2010 dan pada 10 Januari 2011, mereka merilis album studio pertama berjudul BLAQ Style.

2009 :

         MBLAQ pertama kali diperkenalkan pada 21 September 2009 saat menampilkan majalah Nylon setelah melakukan tarinee selama dua tahun. Mereka tampil di konser Rain, Legend of Rainism. Mereka menampilkan berbagai lagu dari EP Just BLAQ dan bertemu dengan pujian, dengan banyak penonton di konser dan fans mengingat mereka sebagai DBSK berikutnya. Mereka merilis teaser untuk lagu debut mereka, "Oh Yeah" pada 12 Oktober 2009 dan video musik penuh pada 2 hari berikutnya. Bertepatan dengan video musik, debut album singel MBLAQ yang berjudul "Just BLAQ", dirilis pada hari yang sama, menempati #1 diberbagai chart di Korea Selatan. Hari berikutnya, mereka melakukan debut di Mnet M! Countdown membawakan lagu "Oh Yeah".

          Pada awal Desember, mereka melakukan debut di Jepang, setelah kinerja mereka selama fan meet Rain. Kinerja mereka menghasilkan sebuah film dokumenter yang diproduksi saat mereka menginap di Jepang. Kemudian bulan itu, kelompok ini memulai promosi untuk mereka menindaklanjuti lagu, "G.O.O.D Luv". Dua video musik yang dirilis: sebuah musik video 'tidak resmi' sebelum video musik 'resmi', yang dirilis pada 10 Desember 2009.
Pada 11 Mei 2011, Thunder mengungkapkan bahwa mantan anggota Sang Bae meninggalkan grup karena kesehatannya yang buruk. Thunder juga menyatakan bahwa ia hanya bergabung MBLAQ lima belas hari sebelum debut mereka, dan bahwa sementara ia bernyanyi dan mengetuk hidup untuk penampilan mereka, suaranya tidak benar-benar tampil pada salah satu lagu yang direkam untuk Just BLAQ karena kendala waktu.
2010 : 

           Pada 19 Mei 2010, mereka merilis album singel kedua berjudul Y, track ditulis, dikompos, diproduseri dan dikoreograferi oleh Rain. Video musik untuk judul lagu, "Y", dirilis pada hari yang sama di tengah malam dari saat teaser dirilis pada 6 Mei. MBLAQ mengambil tempat #1 di M! Countdown pada 3 Juni 2010, dan telah terpilih sebagai Rookie Group terbaik untuk paruh pertama tahun 2010 melalui vote yang dilakukan oleh situs musik Bugs Korea, memperoleh 46% suara.

           Pada 29 Desember 2010, MBLAQ merilis teaser untuk "Cry", yang akan masuk album studio pertama mereka BLAQ Style. Pada tanggal 30 Desember 2010, J.Tune Entertainment bergabung dengan JYP Entertainment. Namun, seperti MBLAQ merupakan bagian dari J.Tune Camp, mereka tidak dianggap sebagai bagian dari JYP Entertainment.

2011 :

           MBLAQ pada awalnya dijadwalkan untuk kembali pada November 2010, namun pada bulan Desember J.Tune Camp mengungkapkan bahwa MBLAQ akan kembali ke dunia musik bukan pada Januari 2011. MBLAQ ditampilkan di iklan di bus dan halte bus di Seoul sebelum album mereka dirilis. Ia juga mengungkapkan bahwa MBLAQ berpartisipasi dalam produksi BLAQ Style, secara pribadi memilih semua lagu ini di album ini. Seungho menyatakan "Sebagai bentuk kemerdekaan, kami pribadi memilih semua lagu dan berpartisipasi dalam produksi"", dengan Seungho mengompos dan memainkan piano untuk lagu "Sad Memories" dan Mir menulis lirik rap untuk lagu berjudul "You're my +". 

            Pada 3 Januari 2011, J.Tune Camp merilis video musik untuk lagu "Cry" di YouTube, sebuah track R&B yang diproduseri oleh E-Tribe. Video musik mendapat lebih dari 500.000 pengguna YouTube dalam seminggu. Di antara perilisan dari video musik "Cry" dan album mereka, MBLAQ mengungkapkan foto album jaket untuk BLAQ Style. Sebelum album mereka dirilis, MBLAQ menggelar fanmeeting untuk lebih dari 1.500 fans pada 9 Januari, dimana para fans dapat melihat penampilan MBLAQ membawakan lagu "Cry" dan juga judul lagu kemudian belum-untuk-terungkap, "Stay". Di hari yang sama, J.Tune Camp mengumumkan bahwa MBLAQ akan memulai debutnya di Jepang pada Mei, menandatangani kontrak dengan Sony Music Japan.
 
            Pada 10 Januari 2011, MBLAQ merilis album studio pertama mereka berjudul BLAQ Style dan dua teaser video musik "Stay". Hanya setelah satu hari perilisan album, MBLAQ mencetak rekor 25.000 order untuk BLAQ Style. Dihari selanjutnya, J.Tune Camp merilis video musik untuk lagu "Stay" di YouTube yang memperoleh lebih dari 400.000 penonton dalam satu minggu.

             Pada 13 Januari, MBLAQ kembali ke panggung Mnet M! Countdown, diikuti dengan penampilan lain pada 14, 15 dan 16 di KBS Music Bank, MBC Music Core dan SBS Inkigayo. MBLAQ dinamai Artist of the Month oleh MTV Korea untuk bulan Februari. Mereka merilis versi repackage dari album studio pertama, BLAQ Style - 3D Edition pada 22 Februari 2011, berisi 13 lagu dari BLAQ Style dan 3 lagu baru. Dua dari tiga lagu baru termasuk partisipasi MBLAQ dalam produksinya. Lagu "돌아올 수 없는 (Can't Come Back)" dikompos oleh G.O dan liriknya ditulis oleh G.O dan Mir, Lagu "You" ditulis dan dikompos oleh Thunder. Pada saat perilisan, BLAQ Style 3D menempati #1 di chart Hanteo. "Again" adalah lagu baru terakhir BLAQ Style - 3D Edition, digunakan sebagai promosi film The Fighter di Korea Selatan.
 
             BLAQ Style 3D dirilis di Taiwan sebagai album berlisensi pada 18 Maret 2011, dan mencapai nomor satu dari 18-24 Maret pada chart Taiwan G-Music dibawah kategori K-pop dan J-pop tanpa promosi. J.Tune Camp menggelar konferensi pers menjelang akhir Januari dengan pers Jepang mengenai debut resmi Jepang mereka berencana.
Pada bulan Februari, MBLAQ mengunjungi Jepang untuk merekam lagu dan melakukan photoshoot untuk album mereka. Setelah kedatangan mereka, 800 wartawan dan fans yang berkumpul di bandara. MBLAQ merilis album Jepang mereka pada tanggal 4 Mei 2011, dengan pertunjukan live yang diadakan di Osaka, Sapporo, Nagoya, Fukuoka dan Tokyo selama seminggu.

               Pada tanggal 3 Mei MBLAQ menggebrak promosi Jepang mereka dengan acara debut mereka diadakan di Kanagawa Lazona Kawasaki Plaza, mengumpulkan 10.000 penggemar yang dilaporkan. Mereka melakukan "Oh Yeah", "Your Luv" dan Daijoubu dan lebih dari 4.000 CD terjual selama acara. Your Luv mencapai posisi kedua di Oricon Daily Charts untuk 3 Mei, yang sebelum debut resmi mereka di Jepang dan tanggal rilis. Pada tanggal 4 Mei, tanggal debut resmi mereka, Your Luv menempati posisi pertama dicapai pada Oricon Daily Charts, menjual lebih dari 11.000 CD. Seminggu setelah debut, MBLAQ menempati posisi kedua untuk Oricon Weekly Charts, menjual lebih dari 40.000 kopi untuk Your Luv. Pada Juni, diumumkan bahwa "Your Luv" dari MBLAQ digunakan untuk anime Jepang yang diadaptasi dari Marvel Comics' "Blade".

              Pada Juli 2011, MBLAQ mengungkapkan perilisan album mini berjudul Mona Lisa. Album dirilis secara online pada 12 Juli 2011. Album ini mencapai toko tiga hari kemudian pada tanggal 15 Juli. Online pre-order dibuka pada tanggal 8 Juli 2011, dan video musik penuh dirilis pada 12 Juli di tengah malam melalui berbagai situs musik Korea dan saluran YouTube resmi J.Tune Camp. Konsep album ini adalah 'karya dirayakan' dengan anggota secara pribadi memilih tokoh-tokoh terkenal dalam sejarah untuk parodi. Mir memilih The Beatles, Thunder memilih Boy George, Lee Joon memilih Zorro, GO memilih James Dean, dan Seungho memilih Papillon. album ini terdiri dari enam lagu baru.

               Pada 14 Juli, MBLAQ kembali ke panggung Mnet M! Countdown dan diikuti penampilan lain pada 15, 16 dan 17 Juli di KBS Music Bank, MBC Music Core dan SBS Inkigayo. Pada 15 Juli, ketika Mona Lisa dirilis di pasaran, album ini menempati #1 di Hanteo Real-time, Daily dan Weekly Charts. Pada tanggal 15 Juli J.Tune Camp mengungkapkan bahwa sejak Juli 8, Mona Lisa memiliki 30.000 pre-order, dengan fans internasional, khususnya penggemar Jepang, meminta lebih banyak salinan. J.Tune Camp menyatakan mereka akan memproduksi 50.000 kopi lebih untuk memenuhi permintaan.
 
               Pada bulan September, MBLAQ mencapai posisi nomor satu di website musik Jerman, Viva dengan video mereka "Mona Lisa" musik dengan mengumpulkan 111.000 kali dilihat dalam waktu singkat. MBLAQ "Mona Lisa" telah melebihi chart Popcore TV Bulgaria selama enam puluh delapan hari berturut-turut sejauh ini. Pada bulan yang sama terungkap bahwa singel baru Jepang MBLAQ, "Baby U", akan digunakan sebagai lagu pembuka untuk anime Jepang Beelzebul.

               Judul lagu, "Baby U", singel album baru jepang mereka dirilis pada 26 Oktober 2011. Baby U! menemaptai peringkat kedua di Oricon Daily Chart pada hari perilisan, menjual lebih dari 22.000 kopi. Sebagai promosi, MBLAQ mengunjungi Nagoya, Jepang pada 28 Oktober, Osaka pada 29 Oktober dan Tokyo pada 30 Oktober untuk merayakan rilisnya singel baru mereka. Pada tanggal 30 Oktober 1500 fans yang dipilih oleh sebuah undian di antara 12.500 orang yang berkumpul di tempat tersebut untuk bergabung dengan kinerja LIVE dan Great Bingo Tournament. Pada hari terakhir, 23.000 fans berkumpul untuk acara khusus 'High five', serta pertunjukan. Baby U! menempati #2 di Oricon Weekly Chart, menjual sebanyak 45.624 kopi pada minggu pertama. The song also reached number one on Japan's Billboard Hot Animation Chart.
2012 : 

              Pada 1 Januari 2012, teaser video untuk album mini keempat MBLAQ dirilis, diikuti dengan singel kedua, “낙서 (Scribble)”. Anehnya namun keterangan di layar tidak dari lirik-lirik lagu. Dalam teaser video, Lee Joon sedang bertengkar dengan Thunder memperebutkan seorang wanita, dan akhirnya menunjukkan pistolnya untuk membunuh. Video ini dianggap sangat berbeda dari video MBLAQ sebelumnya, karena ini adalah pertama kalinya mereka telah menghasilkan sebuah video musik penuh cerita yang dimasukkan akting dan urutan tindakan. Keterangan itu kemudian mengungkapkan, dalam teaser video musik kedua, menjadi singel pemimpin mereka "전쟁 이야 (This is War)". 

              Pada 5 Januari 2012, teaser video untuk “This is War” dirilis di saluran resmi YouTube J.Tune Camp. Video tersebut mengungkapkan 5 anggota dalam adegan ansambel mereka, dan beberapa potongan kecil dari video musik penuh. Teaser berakhir dengan anggota berdiri panggung dengan string orkestra berkumpul di kedua sisi mereka, menembaki penonton dan selesai dengan memerciki darah kekerasan yang mengungkapkan nama singel pemimpin mereka, "전쟁 이야 (This is War)". 

                   Pada hari yang sama, foto konsep pertama juga dirilis oleh J.Tune Camp. Para direktur bergurau menyatakan bahwa ada anggota tertentu, Mir, yang ingin mencukur rambutnya botak, namun mereka mengambil pendapat fans dalam pertimbangan dan hanya membiarkan anggota pergi sejauh sebagai Mohawk.

             J. Tune Entertainment mengumumkan bahwa album mini keempat MBLAQ, 100% Ver. karena "[itu​​] adalah ekspresi kepuasan MBLAQ dan kepercayaan dalam kualitas album". Telah mencatat bahwa MBLAQ dikeluarkan banyak usaha dalam pembuatan album.

              Tidak banyak yang telah dikatakan oleh anggota tentang singel sekunder mereka, “낙서 (Scribble)”. Anggota mereka hanya berkata, “Anda akan dapat mengetahui tentang lagu ini dengan mendengarkan dan bukan oleh kami menjelaskan tentang hal itu”. “Scribble” dirilis di situs-situs portal musik pada tanggal 3 Januari 2012. Ketika "Scribble" dirilis, mencapai nomor satu di Soribada dan Bugs Music, nomor tiga pada grafik Mnet's Music chart dan nomor empat di Cyworld Music. "Scribble" juga dipromosikan bersama dengan singel pemimpin mereka, "전쟁 이야 (This is War)", beberapa kali di atas panggung sebagai singel kedua dari 100% Ver

              Video musik penuh dengan "전쟁 이야 (This is War)" dirilis empat hari kemudian, pada tanggal 10 Januari 2012. Lee Joon perannya sebagai gambar utama berulang dalam video musik MBLAQ sebagai pembunuh mematikan, tapi ramah tamah. Thunder juga tampil sebagai aktor utama dalam video musik sebagai teman pembunuh terdekat. Kinerja dalam bertindak, khususnya Lee Joon. Kedua anggota yang positif ditinjau oleh penggemar dan browser internet sama.

              100% Ver. dirilis pada hari yang sama dengan video musik, berisi total lima lagu: "Run", "전쟁이야 (This is War)", “낙서 (Scribble)”, "아찔한 그녀 (She's Breathtaking)", dan "Hello My Ex". MBLAQ telah mengungkapkan bahwa 100% Ver. telah menerima lebih dari 40.000 pre-order.[55] Video musik dari It's War, mencapai 1 juta tampilan dalam seminggu. MBLAQ telah memenangkan M! Countdown selama 2 minggu berturut-turut dengan This is War.

              Pada awal Februari, Mir berbagi gambar di Twitter-nya dari G.O bekerja sangat keras pada sebuah album baru (BLAQ% Ver.) untuk MBLAQ. Pada tanggal 1 Maret, MBLAQ mulai promosi mereka untuk Run di M! Countdown, Seungho juga cedera punggungnya pada rekaman pra-M! Countdown, dan video latihan tari mereka untuk Run dirilis secara online pada hari yang sama pada saluran YouTube J.Tune Camp.

              Pada tanggal 7 Maret MBLAQ merilis sebuah kompilasi yang berjudul MBLAQ Memories - Best in Korea. Album ini terdiri dari banyak lagu dari rilis Korea mereka, dan juga termasuk versi Jepang You're My +. Setelah dirilis, album ini mendarat di #9 di chachart Oricon Daily. Pada Juni, Mir dan G.O, sebagai sub-unit MBLAQ, merilis singel "Wild" untuk tur Asia mereka. Pada bulan Juli, Thunder merilis lagu solo yang berjudul "Don't Go".

Beberapa Lagu MBLAQ :
  • Oh Yeah
  • Y
  • Tonight
  • Cry
  • Baby You
  • Stay
  • 전쟁이야 
  • One
  • G.O.O.D Luv
  • Run 
  • 100%
  • Again
  • BLAQ%
  • It's War
  • Monalisa
  • One Better Day
Foto MBLAQ : 
 
 
 
 
 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar